HUBUNGAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Nurhidayah Nurhidayah, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Abstrak: Hubungan Kurikulum Merdeka Dengan Filsafat Pendidikan. Merdeka belajar merupakan bagian dari kebijakan baru yang ditetapkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia. Pada merdeka belajar sistem pembelajaran memiliki nuansa yang berbeda. Pendidikan akan berjalan dinamis dengan kurikulum. Pada era kurikulum merdeka ini didasari dengan falsafah. Landasan filosofis menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kurikulum. Filsafat merupakan cinta akan ilmu pengetahuan atau kebenaran, suka kepada hikmah dan kebijaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kurikulum merdeka dengan filsafat pendidikan, yang berdasarkan dari sudut pandang pendidik/guru serta menggunakan metode kualitatif yang berupa wawancara, dokumentasi, catatan yang disusun dan tidak dituangkan dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk table hasil wawancara. Dari penelitian ini didapatkan bahwasanya filsafat memiliki peran penting dalam menciptakan kurikulum baru bagi sebuah pendidikan, oleh karena ini filsafat pendidikan dan kurikulum merdeka memiliki hubungan yang sangat erat dan tidak dapat dipisahkan. Di harapkan dengan adanya artikel ini pendidik dapat semakin memahami filsafat pendidikan serta menerapkan filsafat pendidikan kedalam pembelajaran.

Kata kunci: Pendidikan, kurikulum merdeka, Filsafat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.