MENGUNGKAP ENTREPRENEURIAL BEHAVIOUR PADA GENERASI Z DILIHAT DARI ENTREPRENEURIAL ATTITUDE ORIENTATION, ENTREPRENEURSHIP EDUCATION, PERSONAL BACKGROUND, DAN SELF EFFICACY

Dzaki Rambe, Departemen Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta
Indah Puji Astuti, Departemen Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta
Yoga Mardiansyah, Departemen Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Yogyakarta
Vilda Rizky Oktavia, Departemen Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta
Arief Nurrahman, Departemen Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Mengungkap Perilaku Kewirausahaan pada Generasi Z Melalui Orientasi Sikap Kewirausahaan, Pendidikan Kewirausahaan, Latar Belakang Pribadi, dan Keyakinan Diri. Generasi Z memiliki potensi besar dalam entrepreneurial behaviour karena dikenal dengan karakteristik adaptif dan melek terhadap teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh entrepreneurial attitude orientation, entrepreneurship education, dan personal background terhadap entrepreneurial behaviour pada generasi Z, dengan self-Efficacy sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner yang melibatkan sampel 123 responden dari kalangan generasi Z yang diambil dengan teknik convience sampling. Instrumen penelitian diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan. Data dianalisis menggunakan analisis jalur SEM-PLS untuk mengevaluasi hubungan langsung dan tidak langsung antara variabel independen dan entrepreneurial behaviour, serta menguji peran self-efficacy sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial attitude orientation (40,1%), entrepreneurship education (6,6%), dan personal background (6,2%) secara signifikan memengaruhi entrepreneurial behavior. Selain itu, self-efficacy terbukti memediasi hubungan antara variabel- variabel tersebut dan entrepreneurial behaviour. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan kurikulum Entrepreneurship Education dan strategi peningkatan kepercayaan diri dalam mempersiapkan Generasi Z sebagai wirausahawan masa depan.

Kata kunci: entrepreneurial attitude orientation, entrepreneurial behaviour, entrepreneurship education, generasi Z, personal background, self-efficacy


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.