Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan Bantuan Media Quizizz Paper Mode dalam Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Akuntansi

Anggi Mayfa Faradilla, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan Bantuan Media Quizizz Paper Mode dalam Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Komputer Akuntansi Kelas XI AKL SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2023/2024 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Bantuan Media Quizizz Paper Mode. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata Hasil Belajar Komputer Akuntansi siklus I pada pre test sebesar 61,90 dan post test sebesar 74,19 atau meningkat sebesar 12,28. Peningkatan ketuntasan Hasil Belajar Komputer Akuntansi siklus I pada pre test sebesar 14,29% dan post test sebesar 56,25% atau meningkat sebesar 41,96%. Pada siklus II, nilai rata-rata Hasil Belajar Komputer Akuntansi pada pre test sebesar 64,56 dan post test sebesar 87,02 atau meningkat sebesar 22,46. Pada siklus II, ketuntasan Hasil Belajar Komputer Akuntansi pada pre test sebesar 31,58% dan post test sebesar 84,21% atau meningkat sebesar 52,63%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dengan bantuan media Quizizz Paper Mode dapat meningkatkan Hasil Belajar Komputer Akuntansi Kelas XI AKL SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2023/2024.

Kata kunci: STAD, Quizizz Paper Mode, Hasil Belajar Komputer Akuntansi.

Full Text:

PDF

References


Amornchewin, R. (2018). The Development of SQL Language Skills in Data Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students’ Learning Engagement. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 2(2), 83.

Anggraini, U. (2020). Peningkatkan Kinerja Mengajar Guru Dan Hasil Belajar Dengan Model Student Teams Achievement Division. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(2).

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ariyana, I. K. M. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Ice Breaker Di SMK Negeri 1 Seririt. Skripsi. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Eko, M. P. (2019). Penerapan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division Berbantu Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Faradina, E., Sisworo., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 51-65.

Firmansyah, G., & Hariyanto, D. (2019). Penggunaan Quizizz Paper Mode pada dunia pendidikan : penelitian pengembangan bahan ajar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2).

Hikmawati., Ahiri, J., & Ramly. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Divison (STAD) Dalam Pembelajaran Akuntansi Kelas X . Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(3), 86–97.

Irawati, A., Hindaryatiningsih, N., & Ramly. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(2), 41–50.

Kemendikbud Ristek. (2022). Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Slavin, R. E. (2016). Cooperative Laerning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susi, A. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Quizizz Paper Mode Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1).

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja. Grafindo Persada.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Zhao, F. 2019. Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.