Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantu Instagram dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantu Instagram Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif pelajaran akuntansi keuangan melalui penerapan model kooperatif tipe STAD berbantu Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa XII AK 1 SMK Negeri 1 Depok berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa dengan model kooperatif tipe STAD berbantu Instagram. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase motivasi belajar kategori tinggi dan/sangat tinggi sebesar 78% dan siklus II sebesar 100% dengan peningkatan motivasi belajar 22%. Pada pretest siklus I persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 42% dan posttest 61% dengan peningkatan sebesar 19%. Pada pretest siklus II persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 71% dan posttest sebesar 100% dengan peningkatan 29%.
Kata kunci: Kooperatif, STAD, Instagram, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Anita, Lie. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Farhana, Husna dlkk. (2019). “Pendidikan Tindakan Kelas.” In Buku Penelitian Kelas, 134. Jakarta: Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/6098.
Fitriyah, Khoirunnisa’il. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Maharah Kalam MTs Sabilul Muttaqin Mojokerto. Al-Muttaqin Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi, 1(2), 110-119.
Gracia, A. P., & Anugraheni, Indri. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numered Head Together Terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 436-446.
Hamalik, Oemar. (1989). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nasution. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nur, Mohamad. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Dirjen Dikti Depdiknas.
Nurbudiyani, Iin. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, 13(1), 88 – 93.
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Purwanto, M., N. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A., M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Simamora, Henry. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.
Sukmadinata, N., S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.
Syah, Muhibbin. (2005). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uno, H., B. (2017). Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis Di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(1), 47- 52.
Refbacks
- There are currently no refbacks.