Pengaruh Persepsi Kesejahteraan Guru dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

Ayu Monica Agustina, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Persepsi Kesejahteraan Guru dan Self-Efficacy terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Persepsi Kesejahteraan Guru terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, (2) Self-Efficacy terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, (3) Persepsi Kesejahteraan Guru dan Self-Efficacy secara bersama-sama terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian Ex-post Facto dengan populasi 81 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2020. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji prasayarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Kesejahteraan Guru terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi dengan nilai rx1y (0,400) dan r2x1y (0,160), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Self-Efficacy terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi dengan nilai rx1y (0,529) dan r2x1y (0,279), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Kesejahteraan Guru dan Self-Efficacy secara bersama-sama terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi dengan nilai Ry(1,2) (0,548) dan R2y(1,2) (0,300). Besarnya sumbangan efektif dari kedua variabel bebas terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi sebesar sebesar 30% dan variabel Self-Efficacy memberikan sumbangan terbesar dengan nilai 23,28%.

Kata kunci: Kesiapan Menjadi Guru, Persepsi Kesejahteraan Guru, Self-Efficacy


Full Text:

PDF

References


Andika, R., Suarman, & Indrawati, H. (2023). Kesiapan menjadi calon guru dan faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Cansoy, R., Parlar, H., & Turkoglup, M. E. (2020). A Predictor of Teachers’ Psychological Well-Being: Teacher Self-Efficacy. International Online Journal of Educational Sciences, 12, 41-55.

Erlangga, S. Y., Kuncoro, K. S., Ardilla, N., Winingsih, P. H., Lapiana, U. N., Yektyastuti, R., & Fitri, A. (2024). Psikologi Pendidikan. CV. Edupedia Publisher.

Farihati, I. (2019). Kedisiplinan, kemandirian dan kesiapan kerja (employability): literature review. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, (pp. 384-390).

Fitriyah, L. A., Wijayadi, A. W., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2019). Menanamkan efikasi diri dan kestabilan emosi. Jombang, Jawa Timur: LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG.

Hanifah, H. D. (2023). Pengaruh motivasi belajar dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII akuntansi dan keuangan lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers. PT Raja Grafindo Persada. Isnaeni, T. N. (2024). Pengaruh self-efficacy, grit, dan prestasi akademik terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniawan, R. Y., & Devi, H. R. (2023). Analisis fakor-faktor yang mempengaruhi kesiapan calon guru ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(2), 96-110.

Mahardika, I. M., Tripalupi, L. I., & Sawendra, I. W. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan menjadi guru pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2014 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 11(1).

Mahawati, G., & Sulistiyani, E. (2021). Efikasi diri dan disiplin kerja serta pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Bangun Rekaprima, 7(1).

Međugorac, V., Šverko, I., & Babarović, T. (2019). Careers in sustainability: an application of Social Cognitive Career Theory. International Journal for Educational and Vocational Guidance.

Nauvalia, C. (2021). Faktor eksternal yang mempengaruhi academic selfefficacy: sebuah tinjauan literatur. Cognicia, 9(1), 36-39.

Pamugati, O. D. (2020). Pengaruh persepsi profesi, persepsi kesejahteraan, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru dengan motivasi menjadi guru sebagai variabel intervening. Thesis: Universitas Negeri Semarang.

Priyani, M. P., Ladysie, R., Wedari, P. K., Saputri, M., Sagala, L. L., & Suprihandari, M. D. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa program studi akuntansi untuk menjadi guru. Journal of Economics, Business, Management, Accounting and Social Sciences (JEBMASS), 1(3), 119-121.

Qibtiyah, M., Ainol, & Zaini, B. (2024). Pengaruh praktik pengalaman lapangan kepemimpinan dan selfefficacy terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Jurnal Kependidikan Islam, 14(1).

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.

Republik Indonesia. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

Riahmantika, I., & Widhiastuti, R. (2019). Peran self-efficacy dalam memediasi pengaruh persepsi kesejahteraan guru, figur guru panutan dan pengalaman mengajar terhadap kesiapan berkarir menjadi guru. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 983-1000.

Rohmah, R. R. (2023). Pengarug selfefficacy dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UNY angakatan 2019. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Septiani, D. H., & Widiyanto. (2021). Pengaruh praktik pengalaman lapangan, lingkungan keluarga, dan kesejahteraan terhadap kesiapan menjadi guru. Economic Education Analysis Journal, 10(1), 130-144.

Ullah, N. (2022). Pengaruh praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Negeri 1. Sawerigading Journal of Public Administration, 1(1), 1-10.

Warner, L. M., & French, D. P. (2020). Self-Efficacy Interventions. In M. S. Hagger, L. D. Cameron, K. Hamilton, N. Hankonen, & T. Lintunen, Behavior Change (p. 461). New York: Cambridge University Press.

Yuniasari, T. (2017). Pengaruh minat menjadi guru, lingkungan keluarga, dan praktik pengalaman lapangan (PPL) terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi angaktan 2013 FE UNY. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zola, N., Yusuf, A. M., & Firman. (2022). Konsep social cognitive career theory. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1), 24-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.