Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan Dan Lembaga Pada Mata Pelajaran Spreadsheet Di SMK Negeri 1 Bantul

Khatarina Nevania Andriyani, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Flipped classroom Berbantu Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga pada Mata Pelajaran Spreadsheet di SMK Negeri 1 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Negeri 1 Bantul dalam menerapkan model pembelajaran flipped classroom berbantu video pembelajaran pada mata pelajaran spreadsheet. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga 3 yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ketuntasan hasil belajar pada mata pelajaran spreadsheet pada pra penelitian, yaitu 23% dari 31 siswa yang mengikuti tes dengan rata- rata nilai sebesar 55,45 serta diperoleh peningkatan persentase minat belajar dari indikator perasaan senang 59%, keterlibatan siswa 56%, ketertarikan siswa 50%, dan perhatian siswa 53%. Pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar pada mata pelajaran spreadsheet, yaitu 58% dari 33 siswa yang mengikuti tes dengan rata-rata nilai sebesar 73,18 serta diperoleh peningkatan persentase minat belajar dari indikator perasaan senang 73%, keterlibatan siswa 74%, ketertarikan siswa 72%, serta perhatian siswa 74%. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar pada mata pelajaran spreadsheet, yaitu 100% dari 33 siswa yang mengikuti tes dengan rata-rata nilai sebesar 92,72, serta diperoleh peningkatan persentase minat belajar dari indikator perasaan senang 87%, keterlibatan siswa 84%, ketertarikan siswa 88%, serta perhatian siswa 87%.

Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped classroom Berbantu Video Pembelajaran, Hasil Belajar, dan Minat Belajar


Full Text:

PDF

References


Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 212.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Aprijal, Alfian, & Syarifudin. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Mitra PGMI, 78.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PTT. Rajagrafindo Persada.

Atherton, J. S. (2013). Learning and Teaching; Bloom's Taxonomy. New York, Addison Wesley Lonman Inc.

Basal, A. (2015). The Implementation Of A Flipped Classroom In Foreign. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE, 34.

Bishop, J. L. (2013). The Flipped classroom: A Survey Of The Research. ASEE Annual Conference & Exposition, 17.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dyer, J. (2011). The Innovatror's DNA: Mastering The Five Skills of Disruptive Innovators . Massachusetts: Harvard Business Review Press.

Farman, & Chairuddin. (2020). Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pyhtagoras. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 92-100.

Gaol., J. L. (2014). A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia) Konsep, Teori, dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik dan Bisnis. Jakarta: PT. Grasindo.

Haryati, M. (2007). Model Dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Herreid, F., & Schiller, N. A. (2013). Case Studies and the Flipped Classroom. Journal of College Science Teaching, 63.

Indriyani, N., Santoso, S., & Sangka, K. B. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi di SMK. Jurnal Tata Arta UNS, 67-82.

Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada Press.

Kadiyala, M., & Crynes, B. L. (2000). A Review of Literature on Effectiveness of Use of Information Technology in Education. Journal of Engineering Education, 177-189.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. Singapura: Springer Science dan Business Media Singapore.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT Rajawalindo Persada.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyasa. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan : Suatu Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muyasaroh, S. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Jurnal Ibriez, 14.

Nasution, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative SRRIPT Pada Materi Puasa Di SMP Negeri 16 Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 164.

Raharja, F. E., Roemintoyo, & Rahmawati, K. (2021). Penerapan Flipped Classroom Dengan Memanfaatkan Microsoft Teams Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Bisnis Konstruksi Dan Properti. Indonesian Journal of Civil Engineering Education, 57-65.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Riyanti, R., & Setyawan, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Pembelajaran Vidio Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 316-326.

Rusman. (2016). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Safari. (2003). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Probelmatika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta CV

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santrock, J. W. (2012). Live Span Developmen. Jakarta: Erlangga.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 473.

Smallhorn, M. (2017). The flipped classroom: A learning model to increase student engagement not academic achievement. Student Success Journal, 43-53.

Soedjiwo, N. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sebagai Kreativitas Dalam Kualifikasi Pendidik. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi, 227.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyono, & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. B. (2012). Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wasliman, I. (2007). Modul problematika pendidikan dasar. Bandung: UPI PRESS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.