Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Administrasi Pajak
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak: Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Administrasi Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Administrasi Pajak ; (2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Administrasi Pajak; (3) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Administrasi Pajak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Objek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 107 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif antara Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Administrasi Pajak dengan koefisien korelasi ( y) sebesar 0,581. (2) Terdapat pengaruh positif antara Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Administrasi Pajak dengan koefisien korelasi ( y) sebesar 0,552. (3) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara simultan terhadap Hasil Belajar Administrasi Pajak dengan koefisien korelasi ( ) sebesar 0,645 ; koefisien determinasi ( sebesar 0,415.
Kata kunci: Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar, Administrasi Pajak.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2016). Sosiologi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Aprilia, Dita. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kreativitas Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Siswa Kelas X AKL SMK Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2019/2020. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Asmara, Sheli R., Heryati Tati., & Patonah Rita. (2021). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Swadaya Karangnunggal. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol.2, No. 1.
Cahyani, Maria T. (2020). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Desmita. (2014). Psiklogi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikolgi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ergen, B., & Kanadli, S. (2017). The Effect of Self-Regulated Learning Strategies on Academic Achievement: A Meta-Analysis Stud. Eurasian Journal of Educational Research, 55-74.
Gunawan., Kuatiani, Lilik., & Hariani, Lilik S. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPS Vol. 12 (1) 2020 14-22
Hadi, Sutrisno. (2014). Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.
Hadi, Sutrisno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kavani, Rezvan&Amjadiparvar, Alireza. (2018). The Effect of Strategy-Based Instruction (SBI) on Motivation, Self-Regulated Learning and Reading Comprehension Ability of Iranian EFL learning. Cogent Education, 5, 1-17.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No. 23, Tahun 2016, Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013.
Kirana, Anggita P. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Manajemen Kelas Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi: UNY.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pres.
Kurniawan, D. (2008). Tabel Distribusi. Diambil dari https://lkeb.umm.ac.id/files/file/tabel_distribusi.pdf
Majid, Abdul. (2017). Penilaian Autentik: Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudjiman, Haris. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.
Mulyadi, S., Basuki, H., & Rahardjo, W. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran. Vol 1 (01). 128-135.
Permatasari, Nuri (2019) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar (Penelitian Survey Terhadap Peserta Didik Kelas X dan XI IPS di SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis: Universitas Siliwangi.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Resmi, Siti. (2017). Perpajakan Teori & Kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Bagus P. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 5, No. 2.
Santrock, J. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
Siagian Heltaria., Pangaribuan, Jontra P., Silaban, Patri J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matem atika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Tahun 2020 Halaman 1363-1369.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. (2017). Psikologi Pendidikan : Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.
Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suntoyo, Danang. (2016). Metode Penelitian Akuntansi. Bandung: Refika Aditama.
Suntoyo, Danang. (2010). Uji KHI Kuadrat dan Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Wagiran. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Winaryo, K. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya terhadap Perilaku Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Rembang Purbalingga. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wondimu, Ahmed. (2017). Motivation and Self-Regulated Learning: A Multivariate Multilevel Analysis. International Journal of Psychology and Educational Studies, 4 (3), 1-11.
Refbacks
- There are currently no refbacks.