PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Pengaruh Motivasi Belajar dan Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar 2) Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar 3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X SMK YPE Sampang Cilacap Tahun Ajaran 2022/2023.Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan subjek penelitian sebanyak 54 Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK YPE Sampang Cilacap Tahun Ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa yang ditunjukkan dengan rx1y = 0,664 dan thitung sebesar 4,168 lebih besar dari ttabel 2,007. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa yang ditunjukkan dengan rx2y = 0,380 dan thitung>ttabel yaitu 3,992> 2,007. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara Motivasi Belajar dan Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X SMK YPE Sampang Cilacap Tahun Ajaran 2022/2023 yang ditunjukkan dengan Ry.x1x2 = 0,690 dan Fhitung bernilai 23,114 lebih besar dari Ftabel yang bernilai 3,18.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Kompetensi Guru, Hasil Belajar Akuntansi Dasar.
Full Text:
PDFReferences
Ayub, N. (2014). “Effect of Intirnsic and Extrinsic Motivation on Academic Performance. Education and Social Sciences, 1-10. Diambil dari https://www.academia.edu/download/30611179/PBR_1007_363_The_20Effect_20of_20Inrinsic_20and_20Extrinsic_20Motivation_20revise.pdf pada tanggal 23 oktober 2022.
Barus, E. L. & Sani, R.A. (2017). Pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi dikelas X semester II. Jurnal inovasi pembelajaran fisika (INPAFI). Vol. 5(4). 16-22.Diambil dari https: // jurnal.unimed.ac.id/2012/ index.php/inpafi/ article/ view/9216 pada tanggal 14 oktober 2022.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.(2018). Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK.
Emda. A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 05 (02). 93-196. Diambil dari https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064 pada tanggal 20 Agustus 2022.
Khodijah, N (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdarsarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol . 01 (01). 110-117. Diambil dari https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/8111 pada tanggal 20 oktober 2022.
Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jawa Barat: CV Jejak.
Rahayu, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Vol. 7 (2). 7-8 Diambil dari https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/download/10510/10203 pada tanggal 28 November 2022.
Rondi, A. (2015). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN TEMPEL SLEMAN. Skripsi. UNY. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14873 pada tanggal 2 Desember 2022.
Rosyid, MZ, dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Sadirman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni sosial: jurnal pendidikan IPS Vol 3 (2) 188-198. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/8400 pada tanggal 24 Oktober 2022
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press
Syaidah, Ummu. Dkk. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 12 (2). Diambil dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/8316 pada tanggal 23 oktober 2022.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi dan Implementasinya. Jakarta: Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.