PENGARUH LITERASI DIGITAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN FASILITAS BELAJAR MAHASISWA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : (1) Literasi Digital terhadap Keaktifan Belajar Mahasiswa, (2) Lingkungan Keluarga terhadap Keaktifan Belajar Mahasiswa, (3) Fasilitas Belajar terhadap Keaktifan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021 sejumlah 301 mahasiswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 172 mahasiswa. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Pada data penelitian dilakukan uji asumsi klasik diantaranya, uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikansi Literasi Digital terhadap Keaktifan Belajar Mahasiswa dengan thitung 6,559 > ttabel 1,960 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikansi Lingkungan Keluarga terhadap Keaktifan Belajar Mahasiswa dengan thitung 3,149 > ttabel 1,960 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikansi Fasilitas Belajar terhadap Keaktifan Belajar Mahasiswa dengan thitung 3,917 > ttabel 1,960 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, upaya peningkatan Keaktifan Belajar Mahasiswa dapat dilakukan melalui peningkatan Literasi Digital, mengusahakan Lingkungan Keluarga yang mendukung, dan melengkapi Fasilitas Belajar sekaligus mengoptimalkan penggunaanya.
Kata kunci: keaktifan belajar mahasiswa, literasi digital, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.