Pengaruh Self Efficacy, Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2018-2019 Selama Pandemi

syifa aulia nur akhsin, Pendidikan Akuntansi, UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Self Efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik; (2) Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik; (3) Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik; (4) Pengaruh Self Efficacy, Self Regulated Learning, dan Dukungan Sosial Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2018-2019 Selama Pandemi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Objek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2018-2019 selama pandemi dengan jumlah 135 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan Self Efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik dengan koefisien regresi ( ) sebesar -0,411;  sebesar -2,067; dan nilai sig. 0,041. (2) Terdapat pengaruh negatif dan sigifikan Self Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik dengan nilai koefisien regresi ( ) sebesar -0,450;  sebesar -3,160; dan nilai sig. 0,002. (3) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik dengan nilai koefisien regresi ( ) sebesar -0,493;  sebesar -2,333; dan nilai sig. 0,022. (4) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan Self Efficacy, Self Regulated Learning, dan Dukungan Sosial Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prokrastinasi Akademik dengan koefisien regresi (  sebesar -0,411, koefisien regresi (  sebesar -0,450, koefisien regresi (  sebesar -0,493, dan koefisien determinasi sebesar 0,257.

Full Text:

PDF PDF

References


Adnan, A. Z., Fatimah, M., Zulfia, M., & Hidayati, F. (2016). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Harga Diri Remaja Desa Wonoayu Kecamatan Wajak. Jurnal Psikoislamika, 13(2), 53-58.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. Freeman.

Chita, A., Harahap, P., & Harahap, S. R. (2020). Covid 19: Self Regulated Learning Mahasiswa. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1), 36–42.http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad.

Darmawan, G. P. N. (2018). Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 470–479.

Dhull, P. I., & Sakshi, M. (2017). Online Learning. International Education & Research Journal, 3(8), 32–34.

Djemari, M. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123 – 132.

Ferrari, J. R. J. J. L. & M. C. W. G. (1995). Procrastination and task avoidance, theory, research and treathment. New York: Plenum Press.

Ghazali, I. dan R. D. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika (Teori, konsep, dan Aplikasi dengan E Views 10), Edisi Kedua. Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.

Hadi, S. (2015). Metodologi Research 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Hafid, A. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Religiusitas dengan Agresivitas Remaja Anggota Perguruan Pencak Silat di Bojonegoro. Attanwir Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan, 5(2), 1-9.

Herawati, M., & Suyahya, I. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Islam Ruhama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 646-655.https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.148.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9.

Jansen, A. E. (2015). “Locus of Control and Procrastination.” Journal Epistimis, 6(14), 3–5.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran No. 1 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disesase (Covid-19).

Khoirunnisa, R. N., Jannah, M., Dewi, D. K., & Satiningsih, S. (2021). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(3), 278.https://doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p278-292.

Knaus, W. (2002). The Procrastination Woorkbook. American: New Herbinger

Kristiyani, T. (2016). Self Regulated Learning Konsep, Implikasi, dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press.

Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan (Vol. 1, Issue 1).

Lastary, L. D., & Rahayu, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Dan Self Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Perantau Yang Berkuliah Di Jakarta. Jurnal Ikraith-Humaniora, 2(2), 17-23.

Malwa, R. U. (2017). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137–144.

Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung : CV Pustaka Setia.

Mulyadi, S., Basuki, A. M. H., & Rahardjo, W. (2016). Student’s Tutorial System Perception, Academic Self-Efficacy, and Creativity Effects on Self-Regulated Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 598–602. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.059

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Putri, D. L. A. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Skripsi. Fakultas Psikologi: Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Putri, R. K. (2021). Hubungan Sikap Malas Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa.1-5.

Rachmawati, S., Rahmat Hidayat, D., & Badrujaman, A. (2021). Self-Efficacy : Literatur Review.

Raja, Andi Settia. (2022). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik dalam Penyelesaian Skripsi pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Palopo. Skripsi. Palopo: IAIN Palopo.

Rohmatun. (2021). Prokrastinasi Akademik dan Faktor yang Mempengaruhinya. PSISULA : Prosiding Berkala Psikologi, 3, 94-109.

Rusmaini, Gunartin, Surasni, & Lubis, M. (2021). Mengatasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik. Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 30–39.

Safitri, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi (Vol. 14, Issue 2).

Setyanto, G. G. (2014). Pengaruh Self-Regulated Learning Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Shofiah, V., & Raudatussalamah. (2015). Self efficacy dan self regulataion sebagai unsur penting dalam pendidikan karakter (Aplikasi Pembelajaran Mata Kuliah Akhlak Tasawuf). Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17, 221-222.

Siaputra, I. P. (2012). Akselerasi penyelesaian skripsi. In J. Prawitasari, Psikologi terapan melintas batas disiplin ilmu. Jakarta: Salemba Humanika.

Simamora, M. R., & Nababan, M. L. (2021). Prokrastinasi Akademik dan Efikasi Diri Mahasiswa Selama Masa Awal Pandemi COVID-19. Jurnal Sains Psikologi, 10(2),66.https://doi.org/10.17977/um023v10i22021p66-79

Steel, P. (2007). The Nature Of Procrastination: Ameta-Analytic And Heoritical Review Of Quint Essential Self-Regulatory Failure. In Psychological Bulletin, 133(1), 65-94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65

Syafiqa, Najla. (2021). Hubungan Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Perkuliahan Daring Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, & R&D. Bandung: Alfabet.

_______. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

_______. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suroso, Pratitis, N. T., Cahyanti, R. O., & Sa’idah, F. L. S. (2021). Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.3953

Taylor, S. E., Peplau, L. A., Sears David O., & Tri Wibowo B. S. (2012). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana.

Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2),153–170.https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.110.

Wibawa, E. A. (2019). Analisis Regresi Ganda. Yogyakarta: UNY.

Wijaya, I. P., & Pratitis, N. T. (2012). Efikasi diri akademik, dukungan sosial orang tua dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan. Jurnal Persona, 1(1), 40–52.

Wulandari, M., Umaroh, S. K., & Mariskha, S. E. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Jurnal Psikologi, 3(1), 35-43.

Yudistiro. (2016). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajarsiswa Yang Aktif Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Psikoborneo, 4(2), 305–309.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.