Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Dasar Simpabab Dana Giro

zaqya risda rakhmasari, Pendidikan Akuntansi, UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis web Google Sites untuk meningkatkan motivasi belajar kompetensi dasar simpanan dana giro; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web Google Sites berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran perbankan; (3) Mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran berbasis web Google Sites; (4) Mengetahui peningkatan motivasi belajar kompetensi dasar simpanan dana setelah menggunakan media pembelajaran berbasis web Google Sites. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran berbasis web Google Sites. Kelayakan media dinilai melalui pengisian angket validasi oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran, dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKKL SMK Negeri 1 Yogyakarta. Data peningkatan motivasi belajar dikumpulkan melalui angket. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu: (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis web Google Sites untuk meningkatkan motivasi belajar kompetensi dasar simpanan dana giro telah dikembangkan melalui prosedur ADDIE; (2) Penilaian kelayakan Media pembelajaran berbasis web Google Sites dinilai “Sangat Layak” oleh ahli materi 4,53, ahli media 4,71 dan praktisi pembelajaran perbankan 4,68; (3) Hasil penilaian media melalui uji coba kelompok kecil diperoleh 4,16 (Layak), dan uji coba lapangan mendapatkan 4,28 (Sangat Layak); (4) Terdapat peningkatan motivasi belajar pada kompetensi dasar simpanan dana giro sebesar 9,23%. Hasil uji t berpasangan menunjukkan pengukuran yang signifikan dan nilai gain sebesar 0,38 yang menandakan peningkatan dalam kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Arief S, S., Rahardjo, Haryono, A., & Harjito. (2003). Media Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Hake, R. (2012). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana University.

Hermawan, F., Pudjiastuti, S. R., & Sutisna, M. (2021). Pengembangan Media Web E-Learning PPKn Berbasis Moodle Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kemandirian Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 7–12. http://sintesa.stkip-arrahmaniyah.ac.id

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika (Cetakan Pertama). Deepublish.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (A. Nuryanto, Ed.; Cetakan ke-3). ALFABETA.

Nursakdiah, N., Khairinal, K., & Syuhada, S. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(2), 653–664. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i2

Rizal, Sahidin, L., Igo, A., Ilham, Muh., Murniati, & Gustamar, N. (2022). Google Site-Based Service and Trade Accounting Practice Learning Media for Grade XI Accounting Students. International Journal of Social Science and Business, 7(1), 131–140. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i1.51943

Sakinah, S., Mariatun, I. L., & Ruski. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Bangkalan [STKIP PGRI Bangkalan]. http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/1343/

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi & motivasi belajar-mengajar / Sardiman A.M (1st ed.). Rajawalil Pers.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Triani, W., & Pratiwi, V. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Diaksy (Digital Akuntansi Syariah) Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 3(2), 267–284. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2

Widoyoko, E. P. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Yuangga, K. D., Sunarsi, D., Syawaludin, S., Effendy, A. A., & Seta, A. B. (2022). Determinan GAP Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3663–3666. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.896


Refbacks

  • There are currently no refbacks.