Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan

sofia khoirunnisa, Pendidikan Akuntansi, UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex-post Facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan; (2) Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan; dan 3) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Subjek pada penelitian ini yaitu sebanyak 62 siswa kelas XI Akuntansi SMK Diponegoro Majenang Tahun Ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analiasis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa yang ditunjukkan dengan koefisien regresi rx1y = 0,276 dan thitung = 3,351 > ttabel = 2,000. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pemanfaatan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa yang ditunjukkan dengan koefisien regresi rx2y = 0,450 dan thitung = 4,537 > ttabel = 2,000. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama Kebiasaan Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, yang ditunjukkan dengan koefisien regresi Ry.x1x2 = 0,687; koefisien determinasi R2y.x1x2 = 0,471; dan Fhitung = 26,306 > Ftabel = 3,15.

Full Text:

PDF

References


Nurhadiyati, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2025/2016. Jurnal KPAI. Vol. 5, No. 4. Hal: 4.

Artina. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 8, No. 9, Hal: 3.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Heryani, Bella. (2019). Pengaruh Cara Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MA Darul Ulum Bakung Kanor Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran Ekonomi 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi.

Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, (2017). Pengaruh Penggunaan E-Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia. Vol 2, No 1. Hal:68.

Maharani. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMK N 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 3, No 4. Hal. 3.

Mulyasa. (2017). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naim, Z. A. (2019). The Effect Of Learning Creativity, Student Perception Of Teachers’ Teaching Methods, And Peer Environment Towards Achievement Of Basic Accounting Student In Class X Accounting And Financial Institutions SMK N 1 Pengasih Academic Year 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. XVII, No. 1, Hal: 127-144.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sibarani, B. E. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Kebiasaan Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol 19, No 2. Hal: 21.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2014). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sulistyorini & Fathurrohman, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Kalimedia.

Syah, M. (2017). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.

Warren, C.S., Reeve, J.M, Feess, P.E. (2014). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia Edisi 25. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.