Pengaruh Self-Efficacy, Literasi Digital, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Pekalongan Pasca Pembelajaran Jarak Jauh

saila rizqi, Pendidikan Akuntansi, UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Self-Efficacy, Literasi Digital, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Pekalongan Pasca Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post fact. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Pupolasi dari penelitian ini adalah Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Pekalongan sejumlah 130 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsionate Random Sampling, yaitu sejumlah 98 siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedasitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Self-Efficacy terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Pekalongan Pasca Pembelajaran Jarak Jauh dengan nilai thitung 3,230 > ttabel 1,986, Sig. 0,002 < 0,05, dan koefisien regresi 0,220. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Literasi Digital terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Pekalongan Pasca Pembelajaran Jarak Jauh dengan nilai thitung 5,344 > ttabel 1,986, Sig. 0,000 < 0,05, dan koefisien regresi 0,497. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Pekalongan Pasca Pembelajaran Jarak Jauh dengan nilai thitung 3,155 > ttabel 1,986, Sig. 0,002 < 0,05, dan koefisien regresi 0,167. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Self-Efficacy, Literasi Digital, dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Pekalongan Pasca Pembelajaran Jarak Jauh dengan nilai Ry(1,2,3) 0,778, R2y(1,2,3) 0,605, Fhitung 47,935 > Ftabel 2,701, dan Sig. 0,002 < 0,05.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control. New York: Freeman Company.

Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dityasari, A., & dkk. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah. Seminar Nasional Pendidikan FIsika VII 2022 (pp. 1-10). Madiun: Universitas PGRI Madiun.

Elpira, Bella. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi. Univeristas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.

Gunarsa, S., & Gunarso, Y. (2009). Psikologi Untuk Pembimbing. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Kartono. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 04, tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Kemdikbud. (2020). Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 737, Tahun 2020.

Munir. (2012) . Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Patimah, E. (2022). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring: Literature Review. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 993-1005.

Rahmawati, I. (2016). Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo. Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru Di Era Digital (hal. 411-419). Banten: Universitas Terbuka.

Santrock, J. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Septian, N., & Wibisono, A. (2021). Review Faktor Pembentuk Perilaku Belajar Siswa Generasi Z Dalam Ruang Kelas. Research and Development Journal of Education, 316-329.

Sugihartono, & dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Triyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

UNESCO. (May, 2011). Digital Literacy In Education. IITE Policy Brief.

Yuangga, K. D., & dkk. (2022). Determinan GAP Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3663-3666.

Yudhawati, Ratna, & Haryanto, D. (2012). Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.