Penerapan Model Pembelajaran Time Token Berbantu Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI AKL SMK Muhammadiyah 3 Klaten Tengah

ria yuniati, Pendidikan Akuntansi UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan komunikasi siswa kelas XI AKL SMK Muhammdiyah 3 Klaten Tengah melalui penerapan model pembelajaran time token berbantu media audiovisual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI AKL SMK Muhammadiyah 3 Klaten Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Time token Berbantu Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI AKL SMK Muhammadiyah 3 Klaten Tengah menunjukkan adanya peningkatan persentase skor motivasi belajar berdasarkan angket dan peningkatan skor persentase keterampilan komunikasi berdasarkan observasi. Berdasarkan data hasil angket, skor rata-rata motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 10,24%% dari 73,89% pada siklus I menjadi 84,13% pada siklus II. Berdasarkan data hasil observasi, skor rata-rata keterampilan komunikasi mengalami peningkatan sebesar 21,90% dari 62,38% pada siklus I menjadi 84,29% pada siklus II.

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 80-86.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 172-182.

Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan Diri dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 1-20.

Ningsih, K. A., & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Mimbar Ilmu, 431-439.

Nurwati. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Time Token terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Kelas X SMA Tridharma MKGR Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 236-243.

Putri, A. J., Arsil, & Kurniawan, A. R. (2020). Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi pada Proses Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 154-161.

Rozyid, M. Z., Sa'diyah, H., & Septiana, N. (2019). Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Sari, D., & Usmadi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Disertai Pemberian Kuis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 29-28.

Son, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatig Tipe Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 284-291.

Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 2227-2234.

Wilhalminah, A., Rahman, U., & Muchlisah. (2017). Pengaruh Keterampilan Komunikasi terhadap Perkembangan Moral Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Blotek, 37-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.