PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Shopee, (2) pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Shopee, (3) pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Shopee, (4) pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini berjumlah 100 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2019 dan 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis menggunakan uji rank spearman dan uji kendall-w. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Shopee. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,735 dan nilai signifkansi 0,000 < 0,05. (2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,647 dan nilai signifkansi 0,000 < 0,05. (3) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,666 dan nilai signifkansi 0,000 < 0,05. (4) Promosi, Harga, dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Hal ini dapat dilihat dari nilai W sebesar 0,796, nilai Xhitung > Xtabel (238,940 > 123,225), dan nilai signifkansi 0,000 < 0,05.
Kata kunci: keputusan pembelian, promosi, harga, dan kualitas produk.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.