PENGARUH BELAJAR MANDIRI, FASILITAS BELAJAR, DAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP KEBERHASILAN PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI
Rizqi Ilyasa Aghni, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Pengaruh Belajar Mandiri, Fasilitas Belajar, dan Perilaku Prokrastinasi Akademik terhadap Keberhasilan Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi bagi Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2021/2022 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Belajar Mandiri terhadap Keberhasilan Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi bagi Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2021/2022; 2) Fasilitas Belajar terhadap Keberhasilan Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi bagi Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2021/2022; dan 3) Perilaku Prokrastinasi Akademik terhadap Keberhasilan Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi bagi Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian ex post facto dengan sampel sebanyak 86 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, analisis regresi berganda, dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Belajar Mandiri terhadap Keberhasilan Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi dengan nilai rx1y sebesar 0,680, r2x1y sebesar 0,462 dan koefisien regresi sebesar 0,586; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Fasilitas Belajar terhadap Keberhasilan Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi dengan nilai rx2y sebesar 0,480, r2x2y sebesar 0,230 dan koefisien regresi sebesar 0,319; 3) Tidak terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara Perilaku Prokrastinasi Akademik terhadap Keberhasilan Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi dengan nilai rx3y sebesar 0,076, r2x3y sebesar 0,006 dan koefisien regresi sebesar -0,051.
Kata kunci: Belajar Mandiri, Fasilitas Belajar, Perilaku Prokrastinasi Akademik, Pembelajaran Jarak
Jauh
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.