PENGARUH EFIKASI DIRI, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
RR. Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Pengaruh Efikasi Diri, Disiplin Belajar, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Efikasi Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Piyungan, 2) Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Piyungan, 3) Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Piyungan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Piyungan dengan r(x1y) sebesar 0,668; (r2x1y) sebesar 0,446; dan thitung > trabel yaitu sebesar 7,505 > 1,994, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Piyungan r(x2y) sebesar 0,752; (r2x2y) sebesar 0,566; dan thitung > dari trabel yaitu sebesar 9,500 > 1,994, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Piyungan r(x3y) sebesar 0,556; (r2x3y) sebesar 0,309; dan thitung > dari trabel yaitu sebesar 5,599 > 1,994.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.