PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LITERASI DIGITAL, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN

Anisya Kusmiawati, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Ratna Candra Sari, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Kesiapan kerja merupakan aspek penting dalam menumbuhkan sumber daya manusia sebagai tenaga kerja yang berkualitas dan kompetitif di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) Pendidikan Kewirausahaan terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2021/2022, (2) Literasi Digital terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2021/2022, dan (3) Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi kausal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI bidang keahlian Bisnis Dan Manajemen tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 284 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh sampel sejumlah 166 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Kesiapan Kerja yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (7,723 > 1,97472), nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,487. 2) terdapat pengaruh Literasi Digital terhadap Kesiapan Kerja yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,056> 1,97472) nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,041 < 0,05) dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,069. 3) tidak terdapat pengaruh Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja yang dibuktikan dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (0,704 < 1,97472), nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,482 > 0,05) dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,048. Besarnya sumbangan variabel Pendidikan Kewirausahaan, Literasi Digital, dan Efikasi Diri sebesar 57,00%; sementara itu sebesar 43,00% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Kata kunci: Kesiapan Kerja, Pendidikan Kewirausahaan, Literasi Digital, dan Efikasi Diri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.