PENGARUH MOTIVASI MENGAJAR DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI-AKUNTANSI SISWA

Muhammad Wildan Mushoffa,
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa, 2) Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa, 3) Pengaruh Motivasi Mengajar Guru dan Profesionalisme Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA dan SMK Negeri se-Kabupaten Sragen subjek Guru Ekonomi dan Akuntansi SMA dan SMK Negeri se-Kabupaten Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sebelum analisis data dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedasitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positf Motivasi Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan hasil thitung sebesar 2,227 dengan probabilitas sebesar 0,034 dengan pengaruhnya sebesar 14,21%. 2) Terdapat pengaruh positif Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan hasil thitung sebesar 3,009 dengan probabilitas sebesar 0,005 dengan pengaruhnya sebesar 23,13%. 3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Mengajar Guru dan Profesionalisme Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 33,655 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000, dengan pengaruhnya sebesar 69,20%.

 

Kata kunci: Motivasi Mengajar Guru, Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.