PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “WAQAFAR”BERBASIS AUDIOVISUAL BERBANTU AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI WAKAF
Ratna Candra sari, Staff pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran “WaqafAR”. 2) Mengetahui penilaian kelayakan media pembelajaran “WaqafAR” dari ahli media, praktisi dan ahli materi. 3) Mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran “WaqafAR” untuk meningkatkan literasi wakaf pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2018. Penelitian ini merupakan penelitian metode Research and Development dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji independent t-test dan uji gain score. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) pengembangan media “WaqafAR” melalui lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi; (2) penilaian kelayakan dari para ahli sebagai berikut: a) Ahli Materi diperoleh skor 4,23 (Sangat Layak), b) Ahli Media diperoleh skor 4,375 (Sangat Layak), dan c) Praktisi diperoleh skor 4 (Layak); (3) penilaian mahasiswa menunjukan skor 4,17 (Sangat Layak); (4) berdasarkan uji independent t-testdiperoleh hasil Sig. = 0,006<0,05, maka terdapat perbedaan efektivitas signifikan terhadap pemahaman akuntansi wakaf kelas eksperimen dengan kelas kontrol. (5) berdasarkan analisis uji gain score diperoleh peningkatan sebesar gain 0,30 (rendah).
Kata Kunci : Media “WaqafAR”, Augmented Reality, Wakaf
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.