PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI

Rizki Fatikhati Sabila, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Kompetensi Jurnal Penyesuaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar Akuntansi Dasar kompetensi jurnal penyesuaian sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT; 2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar kompetensi jurnal penyesuaian. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode penelitian Pre-Eksperimental Design tipe one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t (t-test) dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan hasil belajar sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai t-hitung sebesar 22,911 lebih besar dari nilai t-tabel (2,042); 2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi Dasar kompetensi jurnal penyesuaian ditunjukkan dengan perhitungan ­n-gain score sebesar 56,43%.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TGT, hasil belajar, efektivitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.