PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR ETIKA PROFESI

Sullaiman Sullaiman, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Etika Profesi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam peningkatan Aktivitas Belajar Etika Profesi Siswa Kelas X AKL 2 SMK N 1 Pengasih Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dilakukan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan. Dari hasil penerapan diketahui Aktivitas Belajar Etika Profesi Siswa Kelas X AKL 2 SMK N 1 Pengasih berdasarkan hasil observasi dan angket sebesar 74,05% dan 72,20% dengan kategori cukup baik.

Kata kunci: Aktivitas Belajar Etika Profesi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.