PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI
RR. Indah Mustikawati, Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar mata pelajaran Akuntansi Dasar pada kelas X AKL 2 SMK N 1 Nglipar tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantu Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif berdasarkan skor pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Berbantu Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Dasar kompetensi dasar menganalisis jurnal penyesuaian.. Hasil belajar pada siklus I menunjukkan sebesar 71,43% siswa mencapai KKM sedangkan pada siklus II sebesar 79,41%. Selain itu juga dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada nilai pretest siklus I yaitu 49 dan nilai posttest menjadi 76,43. Pada siklus II hasil pretest yaitu 54,17 sedangkan hasil siklus II meningkat menjadi 79,44.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Mind mapping, Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.