PENGARUH EFIKASI DIRI, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YAPEMDA 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Parama Murti Nasti Kumalasari, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak : Pengaruh Efikasi Diri, Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Yapemda 1 Sleman Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. (3) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. (4) Pengaruh Efikasi Diri, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Yapemda 1 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 31 siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Yapemda 1 Sleman. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx1y = 0,646, r2x1y = 0,418, dan thitung > ttabel (4,559 > 1,697). (2) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx2y = 0,541, r2x2y = 0,293, dan thitung > ttabel (3,463 > 1,697). (3) Terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx3y = 0,616, r2x3y = 0,380, dan thitung > ttabel (4,213 > 1,697). (4) Terdapat pengaruh positif Efikasi Diri, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan Ry(1,2,3) = 0,731, R2y(1,2,3) = 0,535, dan Fhitung > Ftabel (10,351 > 2,96). Sumbangan Relatif masing-masing variabel yaitu Efikasi Diri sebesar 28,30%, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 36,20%, dan Perhatian Orang Tua sebesar 35,50%. Sumbangan Efektif menunjukkan total sebesar 53,49% yaitu Efikasi Diri sebesar 15,14%, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 19,36%, dan Perhatian Orang Tua sebesar 18,99%.

 

Kata kunci: Efikasi Diri, Metode Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.