PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME ACCOUNTING LUDO BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANK SENTRAL, SISTEM PEMBAYARAN, DAN ALAT PEMBAYARAN UNTUK KELAS X IPS SMA NEGERI 1 GOMBONG
Rizqi Ilyasa Aghni, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan Game Accounting Ludo berbasis Android pada Materi Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran untuk Kelas X IPS SMA Negeri 1 Gombong; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Game Accounting Ludo berbasis Android; 3) mengetahui penilaian siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Gombong terhadap media pembelajaran Game Accounting Ludo. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran, dan siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Gombong. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran Game Accounting Ludo berbasis Android. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dengan Skala Likert. Teknik analisis data penelitian ini yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tahapan penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu: 1) Tahap Define, merupakan tahap melakukan pendefinisian masalah; 2) Tahap Design, merupakan tahap perencanaan media pembelajaran berupa Game Accounting Ludo berbasis Android; 3) Tahap Develop, merupakan tahap penilaian media pembelajaran oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran, serta melakukan uji pengembangan pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Gombong; 4) Tahap Disseminate, merupakan tahap menyebarluaskan media pembelajaran pada SMA Negeri 1 Gombong, serta melalui media sosial peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran Game Accounting Ludo berbasis Android yaitu: 1) Penilaian oleh ahli materi mendapatkan skor 4,33 yang termasuk kategori Sangat Layak; 2) Penilaian oleh ahli media medapatkan skor 4,09 yang termasuk kategori Layak; 3) Penilaian oleh praktisi pembelajaran mendapatkan skor 4,32 yang termasuk kategori Sangat Layak; 4) Penilaian oleh siswa mendapatkan skor 4,23 yang termasuk kategori Sangat Layak.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game Accounting Ludo, AndroidFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.