IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR

Farida Marniti, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL 2 SMK N 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020 melalui implementasi Model Pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi Dasar pre test siklus I sebesar 51,35 meningkat menjadi sebesar 76,44 pada post test atau meningkat sebesar 25,09. Peningkatan ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi Dasar pre test siklus I sebesar 3 siswa (8,82%) meningkat menjadi 25 siswa (73,53%) pada post test atau meningkat sebesar 22 siswa (64,71%). Pada siklus II, nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi Dasar pada pre test sebesar 56,38 meningkat menjadi sebesar 87,35 pada post test atau meningkat sebesar 30,97. Ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi Dasar pada pre test 2 siswa (5,88%) meningkat menjadi 30 siswa (88,24%) pada post test atau meningkat sebanyak 28 siswa (82,35%).

 

Kata kunci: Hasil Belajar Akuntansi Dasar, Model Pembelajaran Group Investigation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.