PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI

Siti Rohana, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020, 2) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020, 3) Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020, 4) Pengaruh Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Pemanfaatan Sumber Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post-facto. Subjek dalam penelitian ini adalah 116 siswa kelas XI Akuntansi di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba instrumen penelitian dilakukan di SMK Koperasi Yogyakarta sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan analisis regresi sederhana serta analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx1y= 0,410; koefisien determinasi r2x1y= 0,168, 2) Terdapat pengaruh positif  Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx2y= 0,346; koefisien determinasi r2x2y= 0,120, 3) Terdapat pengaruh positif  Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx3y= 0,420; koefisien determinasi r2x3y= 0,176, 4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Pemanfaatan Sumber Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi Ry(1,2,3) sebesar 0,519; koefisien determinasi R2y(1,2,3) sebesar 0,269.

Kata kunci: Hasil Belajar Komputer Akuntansi, Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Pemanfaatan Sumber Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.