PENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION

Uut Anggini, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Peningkatan Kinerja Mengajar Guru dan Hasil Belajar dengan Model Student Teams Achiviement Devision. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan Kinerja Mengajar Guru dan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Stephen Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kinerja mengajar guru, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran STAD dapat Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru dan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Siswa dari siklus I ke siklus II. Kinerja Mengajar Guru pada siklus I sebesar 67,89% meningkat menjadi 76,65% pada siklus II sehingga terjadi peningkatan sebesar 8,76%. Hasil Belajar Akuntansi Keuangan pada siklus I rata-rata kelas 69,17 dan ketuntasan belajar 66,67% meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 87,19 dan ketuntasan belajar 100%. Terjadi peningkatan rata-rata kelas 18,02 dan ketuntasan belajar 33,33%.

 

Kata kunci: STAD, Kinerja Mengajar Guru, Hasil Belajar Akuntansi Keuangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.