PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IIS SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi melalui Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IIS SMA Negeri 11 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IIS SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. 2) Kemandirian Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IIS SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. 3) Motivasi Belajar Akuntansi terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XII IIS SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IIS SMA Negeri 11 Yogyakarta sebanyak 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji prasyarat analisis yang digunakan berupa uji normalitas, uji liniearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji mulkolinearitas. Teknis analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media Pembelajaran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Motivasi Belajar Akuntansi dengan koefisien jalur regresi sebesar -0,003 pada signifikansi 0,978. 2) Kemandirian Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Akuntansi dengan koefisien jalur regresi sebesar 0,868 pada signifikansi 0,000. 3) Motivasi Belajar Akuntansi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan koefisien jalur regresi sebesar 0,205 pada signifikansi 0,488.
Kata kunci: media pembelajaran, kemandirian belajar, motivasi belajar akuntansi, hasil belajar akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.