PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI

Muhammad Azis Setya Nugraha, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2018/2019, 2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2018/2019, 3) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2018/2019, 4) Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis 1, 2 dan 3,  dan analisis regresi ganda untuk menguji hipotesis 4 . Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan rx1y = 0,401; r2x1y = 0,161; thitung 4,893; ttabel 1,978; konstanta = 26,870; koefisien X1 = 0,581; koefisien X1 = 0,581 dengan taraf signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan rx1y = 0,486; r2x1y = 0,236; thitung 6,212; ttabel 1,978; konstanta X2= 27,145; koefisien X2 = 0,943; dengan taraf signifikansi 5%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan  Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan rx2y = 0,198; r2x2y = 0,039; thitung 2,255 ; ttabel 1,978; konstanta X3 = 39,984; koefisien X3 = 0,440 dengan taraf signifikansi 5%. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan Rx123y = 0,565; R2x123y = 0,319; Fhitung 19,179; Ftabel 2,675; konstanta = 6,108; koefisien X1 = 0,396; koefisien X2 = 0,705; koefisien X3 = 0,367; dengan taraf signifikansi 5%.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.