PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Rizki Rohana Putri, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. 2) Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. 3) Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK YPKK 2 Sleman tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 154 siswa, sampel penelitian ini adalah 110 siswa dan 30 siswa untuk uji coba instrumen. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dengan persamaan garis regresi Y = 1,093X1 + 8,849, koefisien korelasi (r𝑥1𝑦) sebesar 0,475, koefisien determinasi (r²𝑥1𝑦) sebesar 0,225. 2) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dengan persamaan garis regresi Y = 0,838X2 + 18,550, koefisien korelasi (r𝑥2𝑦) sebesar 0,472, koefisien determinasi (r²𝑥2𝑦) sebesar 0,222. 3) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dengan persamaan garis regresi Y = 0,662X1 + 0,494X2 + 1,773, koefisien korelasi(R𝑦(1,2)) sebesar 0,517 dan koefisien determinasi (R²𝑦(1,2)) sebesar 0,268.

Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi Dasar, Kemandirian Belajar, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.