PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2018/2019
Adeng Pustikaningsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan, Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Penerapan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah terdapat perbedaan Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa yang menggunakan media pembelajaran Edmodo dengan siswa yang menggunakan media buku paket pada mata pelajaran akuntansi keuangan. 2) berapa peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Control Group Pre-test-Post-test. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purpose random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Uji t (Independent Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan antara Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa yang menggunakan media pembelajaran Edmodo dengan siswa yang menggunakan media buku paket. Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis post-test, dengan hasil uji Independen Sample t-Test, nilai signifikansi lebih kecil dari α = 0.05 (0,024 < 0,05) dan t hitung > t tabel (2,317 > 1,671), maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) rata-rata peningkatan kelas eksperimen adalah sebesar 17,200 dan pada kelas kontrol adalah 12,645, sehingga peningkatan skor rata-rata Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan kelas eksperimen adalah 4,555 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai t hitung > t tabel (2,124 > 1,671) dan nilai signifikansinya kurang dari α = 0,05 (0,038 < 0,05), sehingga dapat dinyatakan ada perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan skor rata-rata Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol.
Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Edmodo, Media Pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.