PENGEMBANGAN THE TAX ADMINISTRATION GAMES (THE TAG) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PERPAJAKAN PADA MATERI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 DI KELAS XI AKL SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Pengembangan The Tax Administration Games (The Tag) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Administrasi Perpajakan Pada Materi Pajak Penghasilan Pasal 21 Di Kelas XI AKL SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan The Tax Administration Games (The TAG) berbasis Android sebagai media pembelajaran; (2) mengetahui kelayakan The Tax Administration Games (The TAG) berbasis Android sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran administrasi perpajakan; (3) mengetahui penilaian siswa terhadap The Tax Administration Games (The TAG) berbasis Android sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE, namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengembangan Media Pembelajaran The TAG Berbasis Android menggunakan model ADDIE dengan dibatasi sampai tahap implementasi; (2) kelayakan The TAG Berbasis Android berdasarkan penilaian Ahli Materi memperoleh rerata skor 4,95 (Sangat Layak), Ahli Media memperoleh rerata skor 4,04 (Layak), Praktisi Pembelajaran Administrasi Perpajakan memperoleh rerata skor 4,78 (Sangat Layak) ; (3) penilian siswa terhadap media The TAG pada uji coba perorangan diperoleh rerata skor 4,23 (Sangat Layak), uji coba kelompok kecil diperoleh rerata skor 4,23 (Sangat Layak), penelitian lapangan diperoleh rerata skor 4,33 (Sangat Layak).
Kata kunci: The TAG, Android, ADDIE
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.