PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Maksimilianus Eko Prasetyo, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Penerapan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division Berbantu Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 di SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 melalui penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Berbantu Kahoot. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil Belajar Akuntansi mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata post-test pada masing-masing siklus, nilai rata-rata post-test siklus I sebesar 81,2. Nilai rata-rata post-test siklus II sebesar 85,7 sehingga dapat dilihat peningkatan Hasil Belajar Akuntansi sebesar 4,5. Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi juga dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM pada Hasil post-test siswa pada siklus I sebesar 61,54% atau sebanyak 16 dari 26 siswa telah mencapai KKM, sedangkan pada siklus II sebesar 90,48% atau sebanyak 19 dari 21 siswa telah mencapai KKM, sehingga dapat disimpulan, bahwa Hasil Belajar Akuntansi mengalami peningkatan sebesar 28,94%. Jadi, dapat disimpulkan penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achivement Division Berbantu Kahoot dapat meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019.

 

Kata kunci: Student Team Achivement Division (STAD), Kahoot, PTK, Hasil Belajar Akuntansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.