PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA DAN PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI

Muhammad Hanafi, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa dan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa dan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 36 orang dan diambil seluruhnya sebagai objek penelitian. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada 30 responden. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif Kebiasaan Belajar Siswa dan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 dengan nilai R(1,2) sebesar 0,393, R2(1,2,3) sebesar 0,154 dan Fhitung(10,892)>Ftabel(3,32).

 

Kata kunci: Kebiasaan Belajar Siswa, Peran Guru dalam Proses Pembelajaran, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.