PENGEMBANGAN BUKU SAKU AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Rakhil Nur Praditatama, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengembangan Buku Saku Akuntansi Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII IPS di Madrasah Aliyah Negeri 4 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran berupa Buku Saku Akuntansi bagi siswa SMA/MA kelas XII IPS dengan materi Persediaan Barang Dagang; mengetahui kelayakan Buku Saku Akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru Akuntansi, dan siswa dari aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan 4D(Four-D) Sivasailam Thiagarajan, Dorothy. S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974). Pada tahap Development, Buku Saku Akuntansi dinilai kelayakannya oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu guru akuntansi. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan lima tahap membuat Buku Saku Akuntansi yaitu: 1) Define (Pendefinisian) 2) Design (Perancangan) 3) Develop (Pengembangan) 3) Disseminate (Penyebaran).  Tingkat kelayakan Buku Saku Akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,19 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 3,26 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 2,97 yang termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian Buku Saku Akuntansi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci : Media, Akuntansi, Buku Saku


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.