PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BELAJAR, DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU

Izzul Syafrizal Luthfie, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY berjumlah 154 mahasiswa dan diambil sampel sejumlah 108 mahasiswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 responden. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar dan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY dengan nilai R(1,2,3) sebesar 0,681, R2(1,2,3) sebesar 0,464 dan Fhitung(29,962)>Ftabel(2,70).

 

Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, Persepsi Mahasiswa terhadap Profesi Guru.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.