PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERBANKAN DASAR

Prasetya Yoga Santosa, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi  SMK Muhammadiyah Karangmojo Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel sebanyak 44 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 35 siswa. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji  linearitas dan multikolinearitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif.Terdapat pengaruh  positif  Motivasi Belajar dan Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Perbanakan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah KarangmojoTahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai Ry(1,2) (0,672), R2y(1,2) (0,462). Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 66,42% dan Sumbangan Efektif 44,64%. Sumbangan Relatif Metode Mengajar Guru 33,58% dan Sumbangan Efektif sebesar 22,56%.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Perbanakan Dasar     


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.