PENGARUH PEMANFAATAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MUTU SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2017/2018

Ulfa Nur Ikawati, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemanfaatan Bantuan Operasional Sekolah dan Budaya Sekolah secara sendiri dan bersama-sama terhadap Mutu Sekolah di SMK Negeri 1 Tempel tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga administrasi yang berjumlah 72 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Bantuan Operasional Sekolah terhadap Mutu Sekolah dengan nilai rx1y=0,519 dan r2x1y=0,269; (2) Terdapat pengaruh positif Budaya Sekolah terhadap Mutu Sekolah dengan nilai rx2y=0,562 dan r2x2y=0,316; (3) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Bantuan Operasional Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Mutu Sekolah dengan nilai Ry(1,2)=0,603; R2y(1,2)=0,364; dan nilai Fhitung sebesar 19,755. Sumbangan relatif dan sumbangan efektif variabel Pemanfaatan Bantuan Operasional Sekolah sebesar 31,64% dan 11,52%, sedangkan variabel Budaya Sekolah sebesar 63,36% dan 24,89%.

 

Kata kunci: Bantuan Operasional Sekolah, Budaya Sekolah, Mutu Sekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.