PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Retno Arumsari, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Penggunaan Media Pembelajaran secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 ditunjukkan dengan rx1y = 0,528; r2x1y = 0,279; dan Y= 0,608X1 + 29,664; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 ditunjukkan dengan rx2y= 0,483; r2x2y= 0,233; dan Y= 0,530X2 + 32,143;(3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 ditunjukkan dengan rx3y = 0,543; r2x3y= 0,295; dan Y= 0,573X3 + 34,493; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 ditunjukkan dengan Ry(1,2,3) = 0,675; R2y(1,2,3) = 0,456; dan Y= 0,390X1 + 0,241X2 + 0,356X3 + 12,518.

 

Kata kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar Akuntansi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.