PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA PADA METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Hanung Nawang Palupi, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Moh. Djazari, M.Pd. Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2017/2018. 2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2017/2018. 3) Persepsi Siswa pada Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2017/2018. 4) Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, dan Persepsi Siswa pada Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Jurusan Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 70 siswa. Data dikumpulkan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan Keluarga berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx1y=0,651, r2x1y=0,424. 2) Minat Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx2y=0,356, r2x2y=0,127. 3) Persepsi Siswa pada Metode Mengajar Guru berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx3y=0,744, r2x3y=0,544. 4) Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Persepsi Siswa pada Metode Mengajar Guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2,3)=0,789, R2y(1,2,3)= 0,622. Nilai SR X1=20,51%, X2=12,49%, X3=67,00% sedangkan Sumbangan Efektif X1=12,76%, X2=7,77%, X3=41,68% dan total Sumbangaan Efektif yaitu 62,21%.

 

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi Dasar, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Persepsi Siswa pada Metode Mengajar Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.