IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR KELAS X AK 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
Denies Priantinah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 melalui implementasi model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran perbankan dasar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama minimal 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Peningkatan dapat dilihat dari skor persentase observasi dan angket secara keseluruhan Motivasi Belajar pada siklus I yaitu 71,87% menjadi 81,55% pada siklus II di mana terjadi peningkatan sebesar 9,68%. Dengan demikian, motivasi belajar siswa dari hasil pengumpulan angket dan observasi dalam pembelajaran perbankan dasar memperoleh hasil 9,68%.
Kata kunci: Model Pembelajaran Blended Learning, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.