UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 DI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Siswa Kelas X AK 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif [N1] Tipe Numbered Heads Together (NHT).
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa pre test dan post test, untuk instrumen non tes berupa catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Siswa Kelas X AK 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan: Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan KKM meningkat sebesar 80%. Hal itu ditunjukkan oleh jumlah siswa mencapai ketuntasan KKM sebesar 6,66% saat pre test siklus I menjadi 80% saat post test sklus I dan selanjutnya menjadi 86,66% pada akhir siklus II.
Kata kunci: Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan, Numbered Heads Together(NHT)Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.