PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Destiana Nur Annisa, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 2 di SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning.

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 31 siswa pada siklus I dan 29 siswa pada siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi Aktivitas Belajar Akuntansi siswa, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase.

     Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta meningkat setelah diberi tindakan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jumlah siswa yang telah memenuhi skor Aktivitas Belajar Akuntansi pada siklus I sebanyak 5 siswa (16,13%) dan pada siklus II sebanyak 29 siswa (100%). Skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi pada siklus I sebesar 67,96% dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 85,98%. Peningkatan skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 18,02%.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar Akuntansi, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.