PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PAJAK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Krisno Adriadi, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pajak Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pajak Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pajak Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. (4) Pengaruh Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pajak Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018.

Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah 49 siswa. Uji coba instrumen dilakukan di kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman kepada 32 siswa. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini adalah uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua, dan ketiga serta analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat.

Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pajak Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx1y 0,386 dan r2x1y 0,149 (2) Terdapat pengaruh positif Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx2y 0,451 dan r2x2y 0,203. (3) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx3y 0,531 dan r2x3y 0,282. (4) Terdapat pengaruh positif  Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan Ry(1,2,3) sebesar 0,649 dan R2y(1,2,3) sebesar 0,422.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi Pajak, Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Lingkungan Sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.