PENGEMBANGAN QUESTION STAIRS PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN YOGYAKARTA
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran berupa Question Stairs sebagai Media Pembelajaran Perbankan Dasar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta, 2) Mengetahui penilaian ahli media dan ahli materi terhadap kelayakan media pembelajaran Question Stairs sebagai Media Pembelajaran Perbankan Dasar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta, 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan dari media pembelajaran berupa Question Stairs sebagai Media Pembelajaran Perbankan Dasar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta, 4) Mengetahui peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta setelah menggunakan Media Pembelajaran Question Stairs Perbankan Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate.Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran yaitu guru perbankan dasar SMK. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 21 siswa kelas X Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan Media Pembelajaran Question Stairs. 2) Penilaian kelayakan Media Pembelajaran Question Stairs oleh Ahli Materi, Ahli Media dan Guru Akuntansi memperoleh rata-rata skor 4,67 yang termasuk kategori sangat layak menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Question Stairs layak digunakan. 3) Penilaian siswa terhadap Media Pembelajaran Question Stairs memperoleh rata-rata skor 4,32 yang termasuk kategori sangat layak. 4) Peningkatan Motivasi Belajar Akuntansi berdasarkan analisis data angket Motivasi Belajar Akuntansi sebelum dan sesudah penggunaan Media Pembelajaran Question Stairs diperoleh peningkatan sebesar 15% dari 63% menjadi 78%. Pada hasil uji t berpasangan yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Media Pembelajaran Question Stairs.
Kata Kunci: Question Stairs, Motivasi Belajar, Perbankan Dasar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.