PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR PERBANKAN UNTUK KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Retno Kurniasih, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaran Crossword Puzzle berbasis Android pada Mata Pelajaran Dasar Perbankan untuk Kelas X Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018; (2) mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Crossword Puzzle berbasis Android berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran dasar perbankan; (3) mengetahui penilaian siswa mengenai penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle berbasis Android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation), namun hanya sampai tahap implementasi. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran dasar perbankan serta diujicobakan kepada 21 siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media Pembelajaran Crossword Puzzle dikembangkan melalui empat tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, dan implementasi; (2) tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,47 yang termasuk dalam kategori sangat layak, ahli media diperoleh rata-rata skor 4,55 yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan praktisi pembelajaran dasar perbankan diperoleh rata-rata skor 4,65 yang termasuk dalam kategori sangat layak; (3) penilaian siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman diperoleh rata-rata skor 4,22 yang termasuk dalam kategori sangat layak.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Crossword Puzzle, Android, ADDIE.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.