PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MEMBUKUKAN JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AK 1 SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X AK 1 SMK YPKK 2 Sleman Tahun 2017/2018 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 24 Siswa Kelas X AK 1 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dengan Dokumentasi dan Tes. Teknis analasis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif, yaitu meliputi persentase skor rata-rata nilai tes Hasil Belajar Kompetensi Dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian dan persentase pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X AK 1 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan sebesar ≥75 pada Hasil Belajar Kompetensi Dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian. Pada observasi awal persentase siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal adalah sebesar 38,71% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 41,67 % dan pada siklus II menjadi 95,83%.
Kata kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together (NHT)
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.