PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SEWONTAHUN AJARAN 2017/2018

Dianita Putri Utami, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018.

            Penelitian ini termasuk Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 101 siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon. Uji Coba instrumen dilakukan di SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018 kepada 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel Prestasi Belajar Akuntansi, sedangkan angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Uji prasyarat analisis dilakukan sebelum melakukan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis regresi sederhana digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, sedangkan analisis regresi ganda digunakan untuk menguji hipotesis ketiga.

            Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx1y 0,320 dan r2x1y 0,102. (2) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018 rx2y 0,316 dan r2x2y 0,100. (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan Ry(1,2) 0,430 dan R2y(1,2) 0,185.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi   Belajar Akuntansi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.