PENGEMBANGAN ROLL SPIN ACCOUNTING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN UNTUK KELAS X AKUNTANSI DI SMK KOPERASI TAHUN AJARAN 2017/2018
Adeng Pustikaningsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan Roll Spin Accounting sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian untuk siswa kelas X Akuntansi di SMK Koperasi, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Roll Spin Accounting pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian untuk siswa kelas X Akuntansi di SMK Koperasi berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi, 3) Mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran Roll Spin Accounting sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian untuk siswa kelas X Akuntansi di SMK Koperasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pengembangan media pembelajaran Roll Spin Accounting memberikan manfaat pada proses belajar mengajar sehingga dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi jurnal penyesuaian; 2) Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian: a) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,56 yang termasuk dalam kategori sangat layak, b) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,21 yang termasuk dalam kategori sangat layak, c) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,33 yang termasuk dalam kategori sangat layak, 3) Penilaian siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi diperoleh skor 4,33 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian media pembelajaran Roll Spin Accounting yang dikembangkan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Roll Spin Accounting, ADDIE.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.